Satu Doa dan Satu Usaha Menghadapi Orang Dengki

Cara menanggapi orang yang dengki itu mudah bercampur susah. Ini perkara hati dari orang lain, yang juga berkesempatan mengotori hati kita, jika tidak bisa mengendalikan dengki yang dimunculkan olehnya.

Kita bisa melakukan dua hal untuk menghadapi orang yang dengki. Pertama denan berdoa dan selanjutnya berusaha.

Kita tidak perlu mendoakan keburukan kepada orang yang dengki. Bahkan berbalas menyakitinya pun akan sia-sia saja.

Itu hanya akan memperburuk keadaan.

Ketika berada disekeliling orang dengki, katakan saja:

يا رب إن كان هنا من لم يرني سعيدا ، فارزقه سعادة تنسيه امر سعادتي

“Ya tuhan, jika ada yang tidak senang melihatku bahagia, berikanlah kebahagiaan kepadanya yang membuat dia lupa tentang kebahagiaanku”

Lalu, berusahalah untuk melihat kekurangan diri kita sendiri, yang akhirnya akan membawa kita untuk merasa tidak pantas memiliki kelebihan dan karunia Allah.

Merasa tidak pantas dengan kemuliaan, akan membuat kita untuk tidak ingin mulia, tapi malah kita mendapatkan kemuliaan itu. Hebat kan? Tidak ingin, tapi didapatkan..

Dan juga, sejatinya, kita ini hanya mencari keridhaan Allah swt. Maka untuk orang-orang yang dengki, tak usah diperdulikan, karna menanggapi rasa dengki takkan pernah membuat kita tidak didengki lagi.

Serahkan saja semuanya kepada Allah. Allah yang Maha Menyentuh hati hambanya. Semoga Allah menyentuh hati orang yang dengki tersebut lalu menjadikannya lebih baik lagi, sehingga begitu banyak orang-orang yang mungkin saja tertolong karna kebaikannya yang berawal dari kebaikan kita karna sudah bersedia mendoakan kebaikan terhadapnya.

Leave a Reply