Ada Begitu Banyak Efek Positif Dari Kata Terima Kasih yang Selama Ini Mungkin Tidak Kita Sadari

Ada Begitu Banyak Efek Positif Dari Kata Terima Kasih yang Selama Ini Mungkin Tidak Kita Sadari

terima kasih

Terkadang, kita mengabaikan untuk mengucapkan “terima kasih” pada seseorang yang telah memberikan waktunya untuk kita.

Ada diantara kita, mungkin, yang menganggap ucapan terima kasih itu adalah hal yang tidak penting. Hanya sebuah ucapan yang biasa saja.

Memang, orang-orang yang ikhlas tidak akan pernah gila dengan ucapan terima kasih. Namun kita yang menikmati karunia Allah dan ketulusan orang lain itulah yang memerlukan terima kasih sebagai ungkapan syukur kepada Allah serta pembalasan minimal yang patut bagi mereka yang pernah berjasa dalam kehidupan kita.

Ada begitu banyak manfaat dan efek positif dari kata “terima kasih” yang selama ini mungkin tidak kita sadari.

Seseorang yang mengucapkan terima kasih akan merasakan sesuatu yang berbeda dalam hatinya. Ia seperti tidak memiliki kesalahan dan merasa bersyukur. Pun demikian seseorang yang menerima ucapan terima kasih tersebut. Mereka akan merasa di hargai meskipun segala kebaikannya itu dilakukan dengan ikhlas. Tentu mereka akan merasa senang, karena ternyata apa yang diperbuatnya berguna dan berarti bagi orang lain. Mereka pun akan merasakan bahwa apa yang telah dilakuan tidak sia-sia dan secara tidak langsung akan membuat orang tersebut terdorong untuk selalu melakukan kebaikan meski sekecil apa pun itu.

Kita harus sadar, bahwa dalam setiap transaksi sosial selalu ada keringat orang lain yang menyertai keberhasilan dan kesuksesan kita. Maka ucapan terima kasih kita pada hakikatnya adalah pendefinisin diri, pengakuan, kesadaran, dan keberanian menepis egoisme serta keangkuhan diri. Bahkan dia menjadi ukuran apakah kita telah memberikan harga yang pantas bagi diri kita sendiri.

HADIS NABI TENTANG ANJURAN DAN KEUTAMAAN MENGUCAP TERIMA KASIH

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ لَا يَشْكُرُ النَّاسَ لَا يَشْكُرُ اللَّهَ

“Tidak bersyukur kepada Allah siapa saja yang tidak berterimakasih kepada manusia (yang berbuat baik padamu, pent)”. (HR Abu Daud, dan At Tirmidzi)

Para Ulama Salaf sepakat bahwa kufur nikmat adalah dosa besar. Adapun cara bersyukur (berterimkasih, ed) adalah membalas kebaikan tersebut dengan mendoakan sang pemberi.

Diantara doa yang diajarkan Nabi tercinta dalam rangka membalas kebaikan orang lain adalah ucapan: JAZAKALLAHU KHAIRAN.

Beliau bersabda:

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ ، فَقَالَ لِفَاعِلِهِ : جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا , فَقَدْ أبْلَغَ فِي الثَّنَاءِ

“Barangsiapa yang diberi suatu kebaikan, kemudian mengatakan kepada pemberi kebaikan tersebut, ‘Jazakallahu khairan (semoga Allah membalas kebaikanmu)’ Sungguh yang demikan itu telah menunjukkan kesungguhannya dalam pujian (terimakasih).” (HR. At Tirmidzi)

Makna doa tersebut adalah,

“semoga Allah membalas kebaikanmu dengan yang lebih baik”.

Nabi shallallahu alaihi wasallam menyebut doa ini sebagai sebaik-baik pujian. Karena yang diminta untuk membalas adalah Allah. Tuhan yang selalu memberi lebih dari apa apa yang dikerjakan hamba-Nya.

Membalas kebaikan juga bisa dengan pemberian yang serupa.

Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda:

مَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوْفًا فَكَافِئُوْهُ

“Barangsiapa yang berbuat baik kepada kalian maka balaslah dengan setimpal.” (HR. Ahmad)

JikA tak mampu membalas dengan balasan setimpal, maka doakanlah ia. Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda:

وَمَنْ أَتَى إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَعْلَمُوا أَنْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

Dan barangsiapa yang berbuat baik kepada kalian maka balaslah (kebaikannya) dengan kebaikan yang setimpal. Dan jika kalian tidak mendapati sesuatu untuk membalas kebaikannya maka berdo’alah untuknya sampai kalian merasa telah membalas kebaikannya.” (HR. Ahmad)

Semoga Allah Subhaanahu wa ta”ala memasukkan kita kedalam golongan orang-orang yang bersyukur.

TIDAK PERLU MALU MENGUCAPKAN TERIMA KASIH

Tidak perlu malu mengucapkan terima kasih. Berterima kasih tak sesulit mengakui kesalahan pada seseorang. Dengan mengucapkan “Terima Kasih” sama sekali tidak merugikan siapa pun.

Karena orang lain pun akan melakukan hal yang sama kepada anda meski bukan dari orang yang sama. Setiap kebaikan semoga akan terbalas kebaikan. Dan mengucapkan terima kasih adalah kebaikan yang tidak boleh dianggap kecil. Karna dibalik terima kasih tersebut, orang orang menyimpan rasa senang, semangat, rasa dihargai dan menjadi makna serta berharga bagi orang lain. Itu adalah sebuah kebaikan yang terbaik, yaitu memberikan kebahagiaan kepada seorang muslim.

Dalam beberapa kondisi, terkadang, kita wajib mengucapkan terima kasih. Jika ada diantara kita yang tengah berada dalam kesulitan yang mendesak. Sangat butuh pertolongan. Maka ucapan terima kasih adalah sesuatu yang keluar seketika itu, demi meyeimbangi kebaikan yang diberikannya saat kita sangat membutuhkan pertolongan.

Ada perasaan yang tidak bisa digambarkan dari seorang penolong ketika kita memberikan sebuah ucapan terima kasih kepadanya. Dan itu sudah cukup menyamai atau bahkan mengalahkan kebaikan yang diberikannya itu. Seperti itulah hatinya merasakan kekuatan dari kalimat terima kasih.

Biasakanlah untuk mengucapkan terima kasih pada sesama. Karena kita semua adalah manusia yang pernah dibantu dan pernah membantu, meskipun sebelumnya tidak pernah saling mengenal.

Dalam kondisi apapun itu, mengucapkan terima kasih adalah sebuah moment yang perlu dilakukan oleh siapa saja.

Kita tidak perlu membalas kebaikan serupa dari seseorang. Ucapan terima kasih adalah kebaikan yang tak kalah penting dari kita untuk sebuah kebaikan yang diberikannya.

Marilah kita saling membantu dan menolong dengan mengucapkan “Terima Kasih” untuk menemukan hikmah-hikmah yang tersembunyi dibaliknya.

Leave a Reply