Mengenal Akhwat Halaqah Ilmu Agama (AKHIA)

Mari, mengenal AKHIA, dengan satu kenangan masing-masing kita. Ribuan kenangan yang tak sama, muncul dari satu nama, AKHIA.

Bawa perlahan perasaan kita dan kembali kemasa lalu. Beberapa hari, bulan, dan tahun yang telah terlewati. Disana, ada rekaman perjuangan kita bersama AKHIA. Tentang beberapa langkah kaki kita sejak keluar dari rumah, lalu berhenti di majlis pengajian AKHIA. Tentang sesama kita yang tidak saling mengenal awalnya, lalu, menjadi sahabat akrab yang saling mendukung, mengajak, memyebarkan kebaikan dan kebahagiaan

Masih teringat kan. Tentang AKHIA. Tentang kenangan kita semua

Saat itu, AKHIA diresmikan pertama kali di Banda Aceh pada tanggal 28 Dhulhijjah 1439 atau bertepatan pada tgl 9 september 2018 oleh Al faqir, Al haqir seorang hamba Allah. Moment istimewa tersebut adalah hari pertama pula pengajian ini bermula. Awal dari semua kisah pengajian kita yang selanjutnya. Itulah hari pertama, kita mengenal semangat hijrah. Saling memotivasi. Menjaga diri. Mengenal bahwa betapa indahnya wanita dengan sifat-sifat jenaka pada dirinya. Itulah pula hati pertama, manakala kita benar-benar yakin untuk memilih menjadi wanita yang tersembunyi.

Lalu, kita pulang kan. Ke rumah masing-masing. Dan kamu, pun aku, jadi penuh rasa syukur. Berharap bahwa AKHIA, pengajian khusus akhwat yang berdiri dibawah naungan TASTAFI ini, esoknya menjadi pemberi semangat lagi. Untuk kita.

Selain khusus akhwat, terkadang AKHIA juga menjadi majlis pengajian untuk umum, manakala yang mengasuh pengajian saat itu adalah Al haqir, Al faqir Hamba Allah yang penuh kekurangan ini

Apakah kita rindu?, Iya rindu. Buktinya, Kegiatan AKHIA, untuk saat ini, adalah pengajian Tastafi yang berulang-ulang, pada tempat yang sama, jam yang sama, juga masih di hari libur masing-masing, orang-orang yang sama pula (aku dan kamu). Tapi, tapi kita masih hadirkan. Masih setia dengan banyak kalam hikmah yang disampaikan oleh semua guru-guru kita.

Sekarang, sudah berapa banyak yah guru kita. Beberapa hari yang kemarin, ditambah dengan hari ini, maka sudah banyak guru-guru kita dari MUDI Mesra yang menetap di daerah ini. Berikut juga banyak guru-guru dari dayah lain. Dan kita, ternyata sudah mempunyai petunjuk seorang guru. Dengan itu, kita akan menempuh perjalan seribu malam, hanya dengan semalam saja.

Menyimak sejarah AKHIA, itu berarti juga menyimak sejarah kita. Sama dengan menghitung kembali sudah berapa kali kita berjuang dengan serba keterbatasan agar sampai di majlis pengajian. Menjadi satu diantara ribuan penuntut ilmu, yang belajar, mengambil, mengajak, dan menyebarkan pengetahuan.

Iya, bersama AKHIA, Kita jadi bersemangat. Sekarang, kita ingin sekali menjadi seperti Siti Fatimah yg penuh kesabaran berada dalam kondisi yang sulit bersama Sayyidina Ali. Ingin menjadi seperti Asiah yang mampu mempertahankan imannya meski disiksa pedih oleh Fir’aun. Ingin menjadi seperti Maryam binti Imram yg amat cantik tapi teramat pandai menjaga kehormatannya, tersembunyi dari orang-orang, namun namanya semerbak wangi sampai sekarang. Juga ingin seperti Siti Khadijah, yang memiliki harta berlimpah, dan pada akhirnya menjadi miskin demi agama Allah.

Sekarang, kita mengenal semua keindahan mereka, dan menyimpan azzam yang kuat agar kita juga memiliki sebagian sifat keindahan mereka.

AKHIA yang diketuai secara menyeluruh oleh Saudari Shalihah Ustazah, Harlina Hasballah dkk dipusat, juga disertai oleh penasehat-penasehat seperti Ummi Khastuti Hayatun, Ummi Dzhulhijjah, dan Kak Fitri ini, terus bergerak tanpa pamrih mengajak dan menyebarkan kasih sayang dan Cinta

Sekarang, sahabat hijrah kita tak sedikit lagi. Sejak saat itu, hingga sekarang, AKHIA telah menyebar dan berada hingga ke 17 daerah di Aceh yaitu :

  1. Akhia Banda Aceh
    Ketua: Masyithah
    Pengasuh: Tgk. Ahmadi ( +62 822-7749-6049 )
  2. Akhia Pidie
    Ketua : Maulida Novi Yanti @⁨Admin Kak Davian⁩
    Pengasuh : Tgk Zulfitri MJ ( +62 852-9665-4011)
  3. Akhia Pidie jaya
    Ulfa Rohaya @⁨Ulfa Ketua AKHIA Pijay⁩
    Pengasuh : Tgk Razali Zulkifli ( +62 822-3652-8601)
  4. Akhia Bireuen
    KETUA : Nurhalimah @⁨Admin 13 Ima⁩
    PENGASUH : Tgk. Zahrul Fuadi
    (+62 853-7162-0366)
  5. Akhia Aceh Timur
    Mawaddah Mursyid @⁨Mawaddah AKHIA ATIM⁩
    Pengasuh: Abi Kamaruddin (+62 852-6071-9381)
  6. Akhia Simeulue
    Risky Susilawaty @⁨Kak Riski Susilawati Simeulue⁩
    Pengasuh: Tgk. Muhammad Hanafi R. ( +62 853-5949-5636 )
  7. AKHIA Lhokseumawe
    Putri Debi Yanti @⁨Putri Debi AKHIA LSM⁩ Pengasuh : Waled Zarkasyi (+62 852-6042-0512)

8.Akhia Langsa
Siti Shelly Varadhany @⁨Shelly Spp⁩
Tgk arif ridhamy :
+62 853-7200-2055

9.Akhia Aceh Jaya
Lely Farah @⁨Kak Farah AKHIA Ajay⁩
Pengasuh: Tgk Salman(085206755350
)

10.Akhia Aceh Selatan
Juliana @⁨Ummi Juliana Ketua AKHIA ASEL⁩
Pengasuh: Tgk Edi Mukhtar @+62853-6220-2584

  1. Akhia Aceh Utara
    Zahrul Chalis @⁨Admin 13 Kak Chalis⁩
    Pengasuh : Tgk Tisri fachreza kosyi : +62 852-6037-3835
  2. Akhia Aceh Barat Daya
    Zahara Zamriza @⁨Zahara Al Kamal Akhia Abdya⁩
    Pengasuh Tgk Zainal
  3. Akhia Aceh tamiang
    Putri Muhsina @⁨Putri Muhsina
    Pengasuh: Tgk toni setiawan (+6285277360409)
  4. Akhia aceh besar
    Rahmati @⁨Admin 10 Rahma⁩
    Pengasuh : Tgk zulkiram Idris (+62 853-5882-1985)
  5. Akhia Sabang
    Ketua : Nurfazila
    Pengasuh : Tgk M. Ikhsan
    Hp : 085262889975
  6. Akhia nagan raya
    Intan purnama Sari @⁨HIA Intan AKHIA Nagan⁩ pengasuh : Tgk fauzi 085277657428
  7. Akhia Aceh barat
    Ira anugrah @⁨Ira AKHIA Abar⁩

Dan disana juga ada kita didalamnya, kita semua para anggota dan semuanya yang terlibat menjadi satu diantara ribuan muslimah tersembunyi. Menjadi sama dalam bingkai islami yang menawan. Menjadi anggun dibalik semua semangat yang pernah kita dengar.

Semua berawal, sejak kita mengenal AKHIA, Iya, ini seluruhnya karena pengorbanan kalian semua, Not Me!!!

ﺁﻟﻠّﻬُﻢَ ﺻَﻠّﯿﮱِ ﯛﺳَﻠّﻢْ ﻋَﻠﮱِ ﺳَﻴّﺪﻧَﺂ ﻣُﺤَﻤّﺪْ ﻭَ ﻋَﻠﮱ ﺁﻝِﺳَﻴّﺪﻧَﺂ ﻣُﺤَﻤَّﺪ

Leave a Comment