Seperti Itulah Memaafkan

halaqahilmuagama.com- Memaafkan kesalahan itu mudah. Kamu hanya perlu mencintainya sedalam-dalamnya.

Bila orang yang dulu kamu cintai, pernah membuatmu benci karna kesalahannya, maka cobalah memaafkan dengan melihat segala kebaikan yang pernah ia perjuangkan. Terkadang, dia pernah menangis karna kamu merasa sakit. Pernah terluka, karna melindungimu. Pernah berlari kehadapanmu dikala kamu membutuhkannya. Ingatlah semuanya!

Bila itu pun tidak berhasil, maka jadikanlah pertemuan ini seolah-olah yang terakhir kalinya. Siapapun akan menangis dan memaafkan kesalahan apa saja, jika dihadapannya terletak tubuh yang telah kaku dan beku. Bisu, tanpa suara balasan, tanpa nyawa lagi.

Sebenarnya, hati kita yang paling dalam masih memiliki kasih sayang. Kita hanya perlu melatihnya untuk lebih cepat tersentuh. Janganlah perpisahan kematian yang akan membuat kita sadar, bahwa sebenarnya kita teramat sayang kepadanya. Nanti, kita hanya akan menyalahkan diri sendiri dan menyesal.

Sesungguhnya, sesiapa yang pernah mencintai sesuatu, takkan pernah hilang rasa cintanya, melainkan hanya berkurang perlahan-lahan, yang kemudian hanya semakin memudar.

Kita hanya perlu menumbuhkannya kembali.

Allah menganugerahi kepada kita, umat Muhammad suatu hari dan moment, yang didalamnya, sesama kita menjadi mudah untuk memaafkan. Rasa angkuh hilang saat itu. Karna siapa saja yang bertemu, akan mengucapkan permintaan maaf dan kita semua pun memaafkannya.

Leave a Comment